Bro, penjelasannya sangat menarik perhatian. Pertama, setiap nada adalah bagian dari chord. Ini sangat jelas dan sampai pada sasarannya. Kedua pakai aturan 'enak didengerin'. Pada poin kedua ini muncul satu masalah sangatlah besar. Bila yang menjawabnya seorang tuna netra/ada masalah dengan penglihatan... ok... ok saja, namun bila kita yang punya fungsi mata dapat melihat dengan jelas... baca juga jelas. Penjelasan poin kedua ini terlalu jauh dari sasaran ilmu harmoni. Masalah progresi (chord progressions) sudah dikenal secara umum bahkan skala internasional telah sepakat pembakuan penulisannya untuk Chord Mayor: I-ii-iii-IV-V-vi-vii. Chord I, IV, V=chord ini PASTI Mayor. Chord ii, iii, vi= chord kelompok ini PASTI minor dan Chord vii=chord terakhir ini PASTI diminished. Sebaliknya, progresi untuk Chord minor: I(Mayor), ii (Diminished), III (Mayor), iv (minor), v (minor), VI (Mayor), VII (Mayor). Ditinjau dari segi ilmu harmoni, progresi ini punya aturan untuk keharmonisan satu lagu, bahkan progresi chord ini sudah diuji pakai rumus matematika. Menimbang, mengingat, dan seterusnya maka saya coba meluncurkan blog sederhana untuk membuka wawasan.
Pola/Bentuk/Struktur Progresi Chord Mayor (Nada Dasar=Mayor/Major Key)Pola ini saya buktikan untuk ke- 12 Tangga Nada Mayor di: sini.
Belajar dari orang lain:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar